(13) Desa Wisata Plajan.

ini adalah salah satu oleh-oleh dari Plajan.


Tarrrraaaaa. Jumpa lagi ama aku yang kali ini kita akan mlipir ke salah satu desa wisata di Jepara.
Yaps, apalagi kalo bukan Plajan. Pade tau gak daerah Plajan itu dimana?
Hayolo... atau yang udah pernah kesana siapa ni?? Hihihi.

Awal mula cerita, pada hari Rabo kemarin tanggal 9 April, kelar pesta demokrasi aku ama sodara-sodara ku ngetrip ke Plajan guys. Yakni salah satu daerah yang dijadikan desa wisata di Jepara. Berbekal camilan dan makan siang, kita berangkat sekitar jam sebelas, karena Tps tempat kakak aku nyoblos ngantri layaknya antri sembako. Setelah itu kita berangkat. Cuss. Rute yang kita pilih adalah lewat Kecapi-Lebak guys. Selain itu, kalian juga bisa lewat rute Wonorejo-Lebak guys kalo dari arah Jepara kota. Dan bisa di bilang tepat, karena arus jalan desa terbilang sepi. Apalagi kita berpapasan ama Tps-Tps yang masi ramei. Berbekal keberanian dan GPS manual (baca: tanya orang) karena kita kurang tau jalan, tibalah kita gapura arah Plajan. Di situ tertulis, ada beberapa tempat wisata yang bisa di kunjungi, Gong Perdamaian, Seribu Akar dan Goa Sakti. Aku kira setelah dari gapura, udah deket ya... eh ternyata jauhnya masih berkilo-kilo guys. Bisa di bilang jaraknya ampuh banget jauhnya, Masya Allah deh~ tapi di jamin gak nyesel, karena dalam perjalanan kalian ditemani pemandangan yang ciamik nan Subhanallah ya~ kalo kata Syahrini itu.
Hingga kurang lebih satu jam lamanya kita sampai di destinasi pertama, yakni Gong Perdamaian.


Sampai di Gong, hal pertama yang kita lakuin adalah markir motor dan bayar retribusinya. Hahaha. (elu kira ape?). Prelu diketahui ni guys, untuk HTM nya kalian tinggal bayar 4000 rupiah aja, plus parkir cukup 1000 aje. Jadi lima ribu uda bisa masuk dengan tenang lah ya. Nah, sebelum masuk, aku sempet bertanya-tanya dulu ama tukang parkir yang bertugas. Ada apa aja sii di dalam pak? Ternyata di situ adalah rumah/tanah kelahiran dari Presiden Perdamaian Dunia yang bernama Bapak Djuyoto Suntani. Dalam hati aku, whoaaa keren meni Jepara, diem-diem punya tokoh yang mendunia begini. Bangga dong. (tepuk bahu). Selain itu ada makam dari ibu PresPerDun – aku singkat presiden perdamaian dunia, yakni ibu Musrini binti Wagek. Dan ada juga replika telapak kaki ibu tersebut yang telah melahirkan pemersatu dunia. Dan kita masuk... jreng jreng jreng.... bisa di bilang meski libur gak mengurangi ramenya suasana di dalem guys, beberapa pengunjung datang juga. Kalo menurut aku bisa di bilang dalemnya biasa ya, karena di pasangi foto-foto waktu launching ini tempat. Tapi eitss... setelah aku agak turun beberapa tangga, di sana tempatnya adem bianget plus ada tiga gong besar yang mungkin salah satunya adalah replika gong perdamaian dunia yang aslinya masih berkeliling dunia. Jadi, seperti biasa kita take a pict dulu lah. Gak afdol udah jauh jauh begini. Nah selain itu, ada juga mushola, terus kendi pancasila selain makam dan tiga gong tadi ya. Oiya ada juga galery fotonya guys, jadi yang mo liat peresmian ini tempat, masi ada kok dokumentasinya. Okke sekian dari Gong, mari mlipir ke destinasi berikutnya, Seribu Akar.


setelah masuk, pose dulu aah. *cekrik*




kalo gak salah ini semacam simbol peresmian ini tempat

nah yang ini kendi pancasila


nah yang ini, telapak kaki ibu Musrini Wagek, ibunya PresPerDun.

Seribu Akar, sampailah kita di sana. Jadi gini guys, dari pasar plajan kan ada pertigaan nih, kalo ke kiri trus belo kanan itu arah ke Gong, tapi kalo dari pertigaan ke kanan arah menuju Seribu Akar dan Goa Sakti.
Jadi masih di bilang berdekatan, thats why dinamai desa wisata Plajan. Meski berdekatan dengan lokasi Gong, untuk menuju arah Seribu Akar, ternyata jalannya mudah-mudah gampang, jalanan pedesaan yang disuguhi pemandangan emejing ria. Sesampainya di sana, gak sedikit pengunjung yang dateng guys, kebanyakan adalah para muda-mudi dan pasangannya. Duh. Nah bedanya dari Gong, kalo di Seribu Akar, gada bayar retribusian segala dan parkir. Gratis. Kadang kalo melihat kek gini senang-senang sedih guys, kenapa? karena otomatis gada biaya perawatan buat tempat wisata tersebut. Yagaksih? Senangnya? Ohh... jangan di tanya, udah paham kan ya? Haha. Satu kata buat tempat ini, ADEM. Ciyus, jadi tempatnya tu di kelilingi berbagai pepohonan gitu guys, terus modelnya di buat berundak-undak laksana terassering. Padahal seribu akarnya itu satu guys, tapi di endorse oleh banyaknya pepohonan yang di jamin bikin kalian adem dan betah. Nah kabar baiknya bahwa tempat ini jiga di rawat adalah jalannya yang berpaving dan terdapat simbol akar di depannya. Kece dah. Gak hanya menikmati seribu akar, tapi juga makan siang melepas lelah dan foto-foto juga kita habiskan di tempat ini. Sebelum kita mlipir ke destinasi selanjutnya, Goa Sakti.


tarrrraaa, selamat datang. *sapaan mbakdut*










Goa Sakti. Apa yang ada di pikiran kalian mendengar tempat ini? Ada kera saktinya mungkin? Nah salah satunya itu pikiran absurd aku guys. Hahaha. Dalam hati aku agak serem-serem gimana, kalo tempat ini ada kera nya mending aku ogah masuk. Tapi eitss.... gada sama sekali, yang ada malah kera-keranan yang lagi berpelukan, bermesraan dan berpacaran. Bikin mata yang ngeliat sepet guys. Hahaha. Abaikan. Untuk menuju ke Goa Sakti jaraknya masih deket dengan kawasan seribu akar. Jadi kalo mo menuju ke Seribu Akar pan ada tugu gitu, nah ambil arah kiri kalo mo ke seribu akar, tapi kalo mo ke Goa Sakti ambila arah kanan guys. Jadi jangan salahin kalo kalian berpapasan dengan pengunjung sebelumnya di tempat sebelumnya karena tempatnya yang berdekatan. Nah ada apa aja sii di dalem? Selain mereka yang pamer kemesraan di depan aku, karena kemesraan janganlah cepat berlalu gitu ya. Ada Goa pastinya di sana. Jadi semacam lobang gede di bawah tanah, karena lokasinya menurun. Tapi menurut aku, Goa tersebut alami karena dari bebatuan yang ada. Dan bisa di bilang tempat ini cukup terawat, karena tempatnya yang cukup bersih dan ada simbol ini tempat Goa Sakti (minus kera sakti). Dan setelah take a pict together, yang aku gatau dan gak aku sangka ada sungai guys di sana. Dan airnya cukup bersih. Kita yang berenam niatnya mo pulang, berkecek-kecek dulu akhirnya. Yihhhaaaaa~ layaknya anak desa yang gak pernah main plus seneng bukan kepalang kalo liat air kek gini, lupa deh ama umur. Dan sejenak segerin pikiran dululah~ Hihihi.


inilah gambaran tentang Goa Sakti

fokus. fokus. fokus pada dua sejoli yang di tengah. haha

gada hal yang membahagiakan selain Selca Time. haha




pencitraan. abaikan. *mlipiiir*

Well, itulah sekelumit cerita ngetrip aku di desa wisata Plajan, Jepara yang aduhaiiiiii jauhnya. Tapi di jamin gak bakal nyesel kalo udah sampai di sana. Oiya ada pemandangan yang apik, yakni adanya tempat peribadatan yang berdekatan. Yakni pura, gereja dan mushola. Seperti yang diketahui, beberapa masyarakat Plajan ini ada yang menganut hindu guys, dan di bangunlah pura di sana. Nah bisa di ambil kesimpulan bahwa dengan berdekatan tempat peribadatan tersebut mencerminkan tenggang rasa antar umat beragama. (pelajaran PKN jaman SD) hahaha.


Oiya, buat kalian yang ingin ngetrip, kalian bisa mulai ngetrip dari daerah kalian sendiri sebelum ngetrip ke tempat orang lain. Kalo bukan kita yang mengenali aset daerah, lantas siapa lagi? Dan jangan lupa untuk selalu bawa bekal makan dan minum dari rumah karena lebih hemat dan higienis. Selain itu, kalo sudah kelar makan dan minum jangan lupa dong buang sampah pada tempatnya. Kalo gak di sediain, gak usah malu dong untuk bawa sampahnya dalam kantongmu. Selamat Ngetrip guys. Seeya. J

Komentar

  1. siip tanjung segera bangkit semoga pak wid jadi kades 2015

    BalasHapus
  2. Saya pingin kesana *emot ngiler*
    saya dari kalinyamatan, kalo mau kesana rute tercepat lewat mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tercepat bisa lewat desa kak, desa Wonorejo perempatan KedungCino arah kanan lurusssss, sampai mentok pasar Lebak belok kiri, ikuti arah dan petunjuk jalan kak. Jangan lupa pake GPS manual alias tanya dg penduduk sekitar. Selamat Berkunjung..

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer