tips memilih lipstik

LIPSTIK merupakan salah satu benda wajib yang harus ada dalam setiap make-up kit. Jika tepat memilih warna, maka lipstik dapat menyulap penampilan kita menjadi lebih menarik. Untuk mendapatkan warna yang paling sesuai, lakukan dulu uji coba sebelum Anda memutuskan membeli lipstik.

Untuk mempermudah Anda, berikut ini Media Perempuan memberikan beberapa panduannya:

  • Bagi yang berkulit gelap, warna-warna plum, wine, dan deep red paling cocok untuk diaplikasikan ke bibir. Sedangkan bagi Anda yang memiliki kulit lebih cerah, maka boleh memilih warna-warna seperti light-brown beige, peach, pink, atau oranye.
  • Ketika berada di konter make-up, jangan mengetes warna lisptik dengan langsung mengaplikasikannya ke bibir, karena hal itu kurang higienis. Bayangkan saja berapa banyak orang yang telah menggunakan lipstik yang sama sebelum Anda.
  • Selain itu, jangan mengetes lipstik dengan mengaplikasikannya ke punggung telapak tangan. Trik ini memang lazim dilakukan banyak orang, namun Anda akan berakhir dengan mendapatkan warna yang salah ketika lipstik akhirnya diaplikasikan ke bibir. Langkah terbaik adalah dengan mengaplikasikan lipstik ke ujung jari untuk menentukan warna yang paling cocok.
  • Saat ini, banyak juga beredar produk kecantikan yang mengandung unsur-unsur berbahaya bagi kesehatan kita. Salah satunya adalah timah, yang dulu pernah dijumpai pada lipstik. Untuk mengetes apakah lipstik yang dibeli memiliki kandungan berbahaya atau tidak, Anda bisa melakukan uji coba sederhana dengan mengoleskan lipstik ke permukaan tangan. Setelah itu, gosokkan cincin atau perhiasan lain yang terbuat dari emas ke tangan yang telah dioleskan lipstik itu. Apabila dalam beberapa menit warnanya berubah menjadi hitam, maka dapat dipastikan produk tersebut memiliki kandungan berbahaya di dalamnya.
Lipstik adalah salah satu alat kosmetik yang paling ampuh untuk mengoreksi penampilan karena mampu mencerahkan wajah. Untuk hasil memikat, pilih warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit Anda.

- Kulit putih
Kulit putih, cocok menggunakan lipstik merah jambu. Semua nuansa merah jambu dari yang paling pucat, rose, shimmer dan bernada keemasan dapat Anda gunakan.
Hindari warna pink yang mencolok, karena akan membuat kulit wajah Anda terlihat lebih pucat. Selain itu, hindari juga nuansa merah yang berona oranye karena akan membuat kulit tampak kusam.
Sebaiknya gunakan warna merah yang lembut dengan rona berry atau anggur.
Sore dan malam hari, bisa menggunakan lipstik nuansa coklat, tapi pilih yang memiliki rona moka atau merah.
Jangan menggunakan warna coklat yang bernada dasar kuning oranye, karena membuat kulit wajah terlihat kusam.

- Kulit sedang (kuning langsat)
Kulit seperti ini sesuai dengan lipstik warna merah jambu yang lebih tua dan cenderung hangat, seperti merah jambu kecoklatan atau cenderung nude, karena lebih cocok daripada merah jambu yang bernada dasar biru.
Hindari warna coklat terlalu muda atau pucat, karena dapat membuat warna kulit menjadi kusam.
Warna karamel tua, coklat dengan rona pink atau kuning juga bisa menjadi pilihan. Namun pastikan dengan nuansa merah yang agak tua.
Agar kulit wajah terlihat lebih terang, Anda dapat mengenakan warna merah dengan nada dasar biru atau warna merah dengan nada dasar coklat agar wajah terlihat lebih hangat.

- Kulit sawo matang
Nuansa merah yang dapat Anda pilih adalah yang bernada dasar cokat, berry ataupun merah yang lebih tua.
Hindari lipstik merah yang cenderung oranye ataupun merah jambu, karena akan membuat wajah terlihat lebih gelap.
Jika ingin yang bernuansa coklat, pilihlah warna coklat kemerahan seperti warna merah marun.
Sebagai alternatif, warna coklat gelap seperti warna kopi atau coklat bisa menjadi pilihan.
Warna merah jambu bisa juga untuk kulit sawo matang, asalkan dipilih dengan nuansa gelap.
Warna berry, rose dan plum muda dapat Anda pilih! Gunakan nada dasar yang cenderung kekuningan dan hindari yang bernada dasar biru atau dingin.

- Kulit hitam
Hindari lipstik merah yang cenderung oranye atau pink dan gunakan nuansa merah yang bernada dasar kebiruan atau lebih tua. Seperti warna merah mahogany, plum gelap serta merah wine.
Hampir semuan warna dengan nuansa kecoklatan cocok digunakan untuk Anda.
Cobalah nuansa coklat yang muda untuk kesan yang lebih dramatis.
Pink muda dan tipis atau pink nude yang cenderung beige dapat Anda coba!
Nuansa berry, rose ataupun plum bisa menjadi pilihan!

Komentar

Postingan Populer