tips memilih menu sehat keluarga

MENIKMATI berbagai aneka menu makanan yang disajikan restoran hotel tentu mengundang selera karena dimasak koki berpengalaman. Namun, Anda harus tetap selektif memilih menu yang ditawarkan. Berikut tips memilih makanan yang menyehatkan.
Makanan yang kaya nutrisi. Tubuh membutuhkan 40 jenis nutrisi untuk
1 tetap sehat. Oleh karena itu, satu jenis makanan saja tidak dapat mencukupi. Sebaiknya pilih makanan yang mencakup karbohidrat, buah, sayuran, susu, dan daging serta ikan atau makanan berprotein.
Konsumsi makanan berserat. Beri kesempatan rubuh untuk mencicipi
2 makanan penuh serat seperti padi-padian, gandum, sereal, buah, dan sayuran. Menurut penelitian, tiga porsi gandum dan sayuran serta buah setiap hari dapat mengurangi risiko serangan stroke, jantung, dan beberapa jenis penyakit kanker.
3 Makanan segar pilihan tepat. Penelitian membuktikan makanan segar menyediakan lebih banyak serat, sedikit kalori; kolesterol yang baik, dan rendah garam serta gula.
Bumbui makanan. Kehadiran rempah-rempah dalam masakan dapat melipatgandakan kelezatan. Namun, selain melezatkan, rempah-rempah
4 mengandung kalori yang rendah dan bebas lemak. Beberapa jenis rempah-rempah seperti bawang putih, kayu manis, cengkeh, dan kunyit memiliki khasiat melawan berbagai penyakit dan menurunkan kadar kolesterol jahat.
5 Perhatikan porsi makanan. Pertahankan ukuran porsi yang masuk akal dan periksa kandungan dalam makanan serta manfaatkan daftar nutrisi dalam label makanan untuk membantu menyeimbangkan pilihan makanan. Nikmati setiap makanan. Makan dengan perlahan dan dajam waktu yang
6 teratur setiap hari serta sebaiknya dilakukan pada tempat atau lokasi yang nyaman. Saat makan dengan tenang dan bahagia, tubuh akan dapat memproses makanan dengan cepat. (SN/S-3)

Komentar

Postingan Populer