(16) HSH ~ Home Sweet Home.

Home is a family because family is everything.





Ada idiom English bilang, ‘East or West home is the best’.
Di manapun kalian berada, rumah adalah tempat yang baik dan kalian berada. Bisa juga diartikan, ke manapun kalian pergi baliknya juga di rumah.

Nah kalo ngomongin tentang rumah, biasanya teringat akan  sebuah keluarga. Keluarga yang bikin kalian nyaman, yang bikin kalian pengen cepet bertemu dengan mereka dan pastinya cepet pulang. 
Nah hal inilah yang pernah aku alamin ketika aku masih berstatuskan seorang mahasiswi yang nuntut ilmu di kota rantauan, Semarang. Mungkin bukan aku aja ya yang ngalamin hal kayak gini, mungkin juga para rantauers di luar sana yang lagi baca rubrik aku, malah udah ndleweran karena keinget rumah dan keluarganya. Nah loh, diusepin dulu gih air matanya, malu dong ama cicak-cicak di dinding. Hihihi. Atau justru kebalikan nih, bagi kalian yang bukan tipe anak yang rindu akan rumah dan keluarga malah ketawa ngakak. Ah jahat noh kalian. Lanjut.






Perasaan yang aku alamin dulu waktu merantau kalo beberapa minggu gak pulang adalah pengen pulang. Kalo pertanyaannya kangen rumah dan keluarga, jawabannya adalah pulang untuk ketemu. Sama halnya kalo kalian lagi kangen ama pacar, gebetan dan bahkan mantan... ehem, jawabannya yaitu ketemuan. Ciyeeeeh.
Tapi, buat aku yang dulunya notebene mahasiswi bisa di bilang sibuk bin banyak kegiatan, agak susah nih guys untuk pulang ke rumah, Japara. Karena apa? Salah satu jenis kegiatan yang pernah aku ikuti dulu yakni siaran di radio kampus, sebelum akhirnya aku check out dan banting setir ke private course. Untuk siaran di radio, kegiatan ini aku jalani kurang lebih hampir dua tahun, aku masuk sekitar Oktober apa November 2010 dan berakhir di 22 November 2012. Dengan jadwal yang sebenernya udah di atur, tapi kadang kala waktunya ada yang jatuh tempo di weekend. Nah hal inilah yang kadang kala ngebuat aku ijin mendadak untuk pulang ataupun refreshing bareng temen-temen. Tentunya dengan alasan yang di buat-buat, banyakan sakit tapi banyakan juga boong ding. Hahahaha.

Tapi situasi berbeda waktu aku mutusin untuk banting setir ke ngelesi. Di mana aku yang mencocokkan jadwal, terus kita bisa atur sendiri jadwalnya semau kita.  Sehingga untuk yang ngelesi waktu pulang kampung bisa di atur. Berbanding terbalik waktu di radio, mungkin waktunya gak bisa semau kita. Contoh konkritnya dan ini bener-bener dah pengalaman berharga buat aku. Ceritanya pas lagi bulan puasa, di mana setiap announcer memiliki jam sendiri di waktu sahur, yakni jam dua pagi. Nah akupun kebagian jatah tersebut guys, seremnya ni pas aku jadi pawang kosan alias gada penghuni selain aku karena anak-anak lagi liburan, jam satu aku bangun untuk siap-siap, tapi eitsss.... lampu mati. Bisa bayangin gak? Seserem dan sehoror apa kosan aku yang katanya mereka terlihat horor itu? Iya bener, kerasa tu horornya. Tapi dalam hati, aku tetep stay cool gitu. Gimanapun juga yang namanya tugas mulia harus dilaksanain. Dan aku bangga, karena pernah estafet dua tahun ngejalanin tugas mulia ini. (baca: siaran di pagi hari. di saat mereka masih enakan tidur, aku udah bangun. *tepuk bahu). Kemudian, ada juga yang bikin aku sempet pending pulang, dan di kosan sendiri. Yakni waktu Hari Raya Korban, di mana aku ada jatah siaran dan ceritanya aku live report, tapi eitsss.... gajadi bok, tapi tetep aja aku stay cool. (padahal dalam hati manyun-semanyunnya deh. Tapi alhamdulillah nya ada temen aku yang mlipir ke kosan untuk berbagi daging. Makasih mbahe.) itulah sekelumit intermezzo suka duka aku waktu pending gabisa pulang. Nah ceritan berbeda di saat awal April ini, aku udah netap di Jepara dan gak balik ke Semarang kek dulu lagi.

Kalo ngomongin rumah, ehm.... kadang bikin nyaman-nyaman gak ya? Tapi personally, aku tipe yang bisa di bilang nyaman kalo udah di rumah sendiri. Gatau bisa di bilang anak rumahan atau gak, tapi kalo udah di rumah aku nyaman. Bukan karena rumah aku gedhe, bukan... bukan juga karena lengkap fasilitas, bukan... tapi kalian tau gak? Tiap orang memiliki penilaian tersendiri level kenyamanan atas rumah. Semisal aku ni, level kenyamanan aku untuk rumah kalo rumah tersebut bersih dan rapi. Nah kebersihan dan kerapian itu bisa di liat dari penataan rumah, terlebih ruang tamu. Karena fungsinya untuk mempersilahkan tamu, jadi tempat tersebut sangat penting dalam sebuah rumah. Selain itu, bagian dapur dan kamar mandi. Menurut aku, dua tempat ini bisa di bilang tempat yang penting di rumah. Karena apa? Selain ruang tamu, tamu yang datang juga gak segan untuk mampir ke area ini. Terlebih kalo sang empu rumah mempersilahkan untuk makan besar dan sang tamu yang ingin menunaikan hajatnya. Meskipun tempat tersebut gak terlalu kasat mata kalo di liat, tapi diam-diam sang tamu pun bisa menilai guys. Termasuk aku sendiri, yang maaf yaaa suka menilai terutama bagian ruang tamu dan kamar mandi. Hahaha. Nah mungkin agak kedengeran aneh yaa? Tapi gimana lagi, thats me.




Hal ini bisa saja berbeda dengan penilaian orang lain kaliya? Ada juga tipe yang tidak terlalu memusingkan masalah kerapian dah kebersihan, jadi asal taro aja itu barang. Di sadari atau enggak ya guys, buat aku kerapian dan kebersihan itu penting, berkaitan nyaman dan betahnya sang empu berada di dalam rumah. Betah enggak nya juga ditentuin oleh hal tersebut. Terlebih kalian yang notabene perempuan. Tapi sekali lagi, kembali ke pribadi masing-masing juga guys, gak sedikit mereka yang nyaman dengan kamar mereka yang mungkin kuran rapilah, kurang epik lah, yang penting bisa buat tidur, pules. Atau yang paling krusial dalam rumah yakni kamar mandi. Gatau kenapa, aku agak sensian ama tempat yang satu ini. Sensian karena aku tipikal orang yang beseran. Loh hubungannya? Hubungannya adalah aku kerap menyambangi tempat ini. Hahaha. Jadi seolah ada telepati, mau gamau tempat tersebut diusahakan bersih. Toh kalo bersih, jikalau ada tamu yang bertandang gak malu-maluin kan. Beda kalo orang tersebut acuh, sehingga cuek aja jikalau tempat-tempat krusial tersebut bersih atau enggak.


Tapi terlepas dari itu semua, yang namanya rumah ya tetep rumah. Tempat untuk kumpul bersama keluarga tercinta. Tempat berhentinya mereka yang tiap harinya selalu mengembara. Tak terkecuali pada semua yang ada di jalan, di mana tiap petualang tahu jalan menuju pulang. Seeya. J



Komentar

Postingan Populer