Heiho Lebaran Asik!

Sebulan lamanya, umat Islam di seluruh dunia menunaikan ibadah puasa di Ramadhan yang berkah. Tak hanya menahan lapar, haus, dan hawa nafsu melainkan menahan hal-hal yang tentunya tidak diperbolehkan dalam agama. Hingga saatnya, bulan yang penuh berkah, maghfiroh ini akan segera berakhir. Setelah menunaikan masa-masa di mana doa-doa, keinginan, serta waktu untuk meminta pada Sang Khaliq sangat mustajab, tibalah umat muslim untuk merayakan sebuah kemenangan. Hari Kemenangan yakni Hari Raya Idul Fitri.
Hari Raya Idul Fitri yang sebentar lagi menyapa umat muslim, memiliki beberapa hal-hal yang identik di dalamnya. Hal-hal tersebut sangat mudah kita jumpai  dan tidak asing pada moment ini, di antaranya :

Kue Lebaran





Naaah, tak lengkap rasanya menyambut Lebaran tanpa kue. Biasanya, kue-kue yang disediakan berupa kue-kue kering yang nikmat dan sungguh menggoyang lidah. Kue-kue yang muncul setahun sekali ini misalnya kastengel, dahlia, nastar, kue salju, larut, lidah kucing, serta tak lupa biskuit kaleng yang ngehits lainnya. Namun, pesona kurma juga tak kalah menarik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri.


Beberes Rumah


Dalam menyambut Lebaran, tak lengkap rasanya bila menyambut tamu yang datang dalam keadaan rumah tidak bersih. Gamau dong di saat tamu datang ke rumah, ruang tamu dalam hal ini memegang peran penting masih dalam keadaan amburadul dan berantakan. Nah, alangkah baiknya kalian mempersiapkan terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Agar para tamu yang datang bisa betah dan nyaman saat berangjangsana.Oiya, mau nambahin nih, jadi ruang tamu bisa dibentuk tatanan kursi atau lesehan untuk memberikan kesan luas.


Baju Baru



Aha! Sebuah lagu lama bersenandung..

Baju Baru Alhamdulillah, tuk dipakai di Hari Raya
Tak punya pun tak apa-apa, masih ada baju yang lama

Sepertinya lirik lagu tersebut memang pas dan udah mengakar di hati para pemirsa setiap menyambut Lebaran yaa. Yaps. Udah merupakan hal lumrah untuk mengenakan baju baru di hari Lebaran. Bahkan tak jarang di pertengahan bulan Ramadhan, tarawehan pada pindah di pusat perbelanjaan. Pasalnya para pemirsa berbondong-bondong berbelanja kebutuhan. Padahal sepuluh hari terakhir Ramadhan yang paling mustajab loh guys. Dan di sepuluh hari terakhir merupakan malam-malam baik karena malam Lailatul Qadar alias malam seribu bulan. Namun, dalam sebuah hadits juga dijelaskan bahwasanya dianjurkan memakai baju terbaik mereka dalam Hari Lebaran.


Sholat Id


Yaps. Apalagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan sholat sunnah di pagi hari setelah sebulan lamanya berpuasa guys? Gak afdol kalau gak sholat Id buat kalian yang sedang tidak berhalangan. Jangan sampai telat deeeh, takutnya gak ngehits aja kalau gak sholat Id. Ciyeeehh.


Opor Ayam dan kawan-kawan


Ayam pun ikut mewarnai meja makan setiap moment Lebaran. Karena hidangan inilah yang kerap dijadikan kudapan khas ala orang Indonesia. Ayam Opor. Dengan teman-teman kupat/lontong, sambal goreng, sayur tewel (nangka muda), dengan taburan bawang goreng menambah nikmat ayam opor yang siap disantap sebelum/sesudah sholat Id. Tapi inget guys, jangan kebanyakan, kolesterol di kontrol yaaa.


Sungkeman



Bermaaf-maafan kepada orang tua, sanak saudara, tetangga, teman-teman dan handai taulan pun tak luput dari momen indah ini. Biasanya sungkeman (maaf-maafan dengan agak jongkok) dilakukan untuk mengucap maaf dan saling mendoakan antar sesama. Maafin aku yaaa.


T.H.R alias Tunjangan Hore Raa


Masih ingat gak waktu Lebaran tiba hal yang ditunggu-tunggu adalah THR. Yihhhaa. Termasuk dalam hal ini aku, yang waktu kecil dulu dibilang hoki mendapat THR tersebut. Meski terbilang gak cukup banyak tapi berhasil membuat hatiku riang gembira. Nah masihkah berlaku untuk menerima THR di kala sudah bekerja seperti aku ini? Maaah THR maaahh... atau Masss THR masss.


Mudik Hore


Bagi kalian yang merupakan perantau, mudik merupakan hal yang gak asing buat kalian dong? Yaps. Tentunya kalian gak asing dengan yang namanya bus, kereta, pesawat terbang, ataupun pelbagai transportasi lainnya. Dan pastinya udah akrab banget dengan yang namanya berdesak-desakan apalagi dengan transportasi darat. Ahayyy. Tapi dari yang namanya libur kerjanya mepeeet dan berdesak-desakan dalam kendaraan umum, terbayar sudah akan setelah tiba di rumah dan bertemu dengan keluarga. Karena gimanapun, tujuan kita untuk mudik adalah bertemu, berkumpul, dan bercengkerama dengan keluarga. Nah bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi jangan lupa hati-hati yaaa. Selamat mudik temans, semoga selamat sampai tujuan. Seeya.



Sekian dulu, hal-hal kecil yang identik kalian temui di momen indah Lebaran. Semoga Lebaranmu selalu menyenangkan bersama orang-orang terdekat dan terkasihmu. Selamat Lebaran dan maapin eike yaa. Mwaah.


Komentar

Postingan Populer