LOENPIA JAZZ 2013


Sugeng ndalu para sadherek... kados pundi khabaripun?? Sae njih....
Langsung aje yeee....
Postingan aku kali ini tentang event-semarang-yang notabene-kece bin emezing-pake banget sob, apalagi kalo bukan LOENPIA JAZZ 2013. Event taunan yang diadain oleh komunitas jazz di semarang ini baru aja kelar tadi malem, 29 Juni 2013 yang mulai jam 2 - till drop di kawasan kota lama. Dan aku kudu jempolin 5 jari (yg satu pinjem tetangge) buat kesuksesan acara ini. Meskipun sempat ditemani derasnya ujan di kawasan kota lama (aje). Bersama sekawanan temen-temen aku akhirnya bisa jadi saksi dari acara nan emejing ini. Meskipun awalnya, sempet nyari para bala tentara yang mo ikutan ni acara.
LoenpiaJazz yang setiap tahun diadakan sebagai wujud rasa syukur atas terbentuknya Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang dimana taun ini yang kedua kalinya ngambil tagline “Ngejazz malu, tak ngejazz rindu”. Intinya ambil tagline tersebut supaya para musisi yang terlibat di komunitas Jazz Ngisoringin seringkali ngrasa sungkan untuk berkolaborasi pada saat Jam session walopun sebenarnya di dalem hati keinginan untuk memainkan musik jazz sangat meluap-luap, dengan kata lain “rindu” bermain jazz. Nah selain itu, menurut yang punya gawe, Loenpia yang tlah lama dikenal sebagai jajanan khas kota Semarang, diangkat sebagai simbol keberagaman budaya di kota Semarang. Dengan harapan, Loenpia Jazz dapat menjadi salah satu sarana untuk mempererat keberagaman budaya di kota semarang yang dikomunikasikan dalam musik jazz. Unity in Diversity.
Event yang disponspori oleh rokok ketje ini menghadirkan berbagai pejuang jazz yang dahsyat pake banget. Awalnya aku awam banget dah tentang para pejuang tersebut, yang tau doang dan belum kenalan sih cuma kakek Benny Likumahuwa, iya itu Babehnya Berry Likumahuwa (yang aku pun kurang tau, hihihi). Bagiku sih, aku suka, cinta dan kawin ama jenis ni musik, jadi selama kepala, badan, kaki masi bisa goyang-goyang ketje, ayooolah. Selain kakek dan senior lainnya, pejuang jazz lainnya ada (kakek juga) Oele Pattiselanno, Indro Hardjodikoro, akang Tesla Manaf, Aljabar, Komunitas Kemayoran, Yohanes Gondo, Suave, Everyday, Komunitas Jazz Mben Senen Jogja, Danny Eryawan Project, Solo Jazz Society, dan masiiii banyak lagi daaah yang gak muat untuk disebutin atu per atu. Nah yang bisa aku laporin ni, Loenpia Jazz ini dibagi ada 3 stage, yang masi satu kawasan tapi beda tempat gitu, terus ada banyak stand-stand yang nawarin pelbagai produk, dari yang bahan merchandise ampe makanan-minuman yang emang (lagi mremo). Terus ada pementasan-pementasan, yang alhamdulillah gak aku liat, kayata pementasan teater, orat-oret, dsb. Soalnya sekali aku duduk dan menikmati sajiannya, gak mau beranjak, sob (gak bo’ong deh). Belum lagi kan aku liat di stage utama, nah disana dihosin ama penyiar ketje, ada hanskoh ! penyiar yang nurutku sableng lah, bisa buat kita jadi nyaman dan ketawa lah. Terus, ada penampilan the ketjes, komunitas jazz kemayoran dan tesla manaf. Pasalnya kedua band yang aku liat di stage utama ini mainnya kurang ajar banget, ngejazz banget lah. Belum lagi akang tesla dari bandung, mainnya kolaborasi dengan musik etnik bali, keren dan ketje abiss. Simplicitinya nih buat acara ini, rasa bintang lima deeh pokoknya. Nah, aku bocorin tentang unsur-unsur jazz nih yang di share ama kakek Benny, di mana ada 4 unsur dalam musik jazz, blunotology-swing feel-sinkopasi-dan improvisasi. oleh karnanya, musik jazz tanpa keempat trsebut gabisa lah dinamakan musik jazz. terus gak ada namanya jazz Indonesia, jazz Eropa dsb... tapi adanya jazz di Indonesia, jazz di Eropa. karena jazz terlahir di dataran Amerika.
Sekian dulu postingan aku tentang LoenpiaJazz, semoga musik jazz dapat memberi inspirasi dalam hidupmu.


beberapa dokumentasi yang berhasil aku liput nih



nah yang ini dari komunitas jazz mben senen jogjah










Komentar

Postingan Populer