Anyone can be reporter.



Hei siapa bilang, untuk menjadi reporter maupun wartawan perlu keahlian khusus?
Hei siapa bilang, untuk menjadi reporter maupun wartawan susah?
Hei siapa bilang, untuk menjadi reporter maupun wartawan perlu kamera dan seperangkatnya?

Kalo itu yang selama ini kalian pikirkan kendalanya, aku ada beberapa cara untuk mengatasinya nih.

Jeng... jeng... jeng...

Kalo menurut hemat aku, ada benernya untuk menjadi seorang reporter, wartawan ataupun mereka yang berkecimpung di dunia  jurnalistik, membutuhkan skill dan seperangkatnya.
Skill atau keahlian yang dibutuhkan, sangatlah penting. Yang aku ketahui, seorang reporter bisa melaporkan kejadian atau berita yang dibawakannya dengan baik, bukan? Dan itu berarti, mereka harus menyaksikan sendiri alias meliput kejadian tersebut. Semisal, ada berita tentang Piala Dunia 2014 di Brasil yang lagi rame-ramenya. Nah, untuk mengetahui keadaan langsungnya, jadwal, ataupun keadaan stadion, negara, tim yang akan main yang nantinya akan di liput para reporter dan wartawan diharuskan ke sana. Atau, ada peristiwa kecelakaan di daerah sini, nah diharuskan ada peliputan secara live report, misalnya.
Dari sanalah tugas mulia dari seorang reporter dan wartawan sodara....

Nah, pernah gak? Terbersit pikiran kalian untuk menjadi salah satu seperti dari mereka?

Kalopun pengen, kalian bisa kok berlatih sendiri.

Kok bisa?


Yaps. 
Caranya yaitu dengan kalian melaporkan secara tertulis maupun live report tentang kejadian atau peristiwa sekitar kalian.
Kalo tertulis, kalian bisa melaporkannya via posting tulisan kalian di blog. Nah tentang ceritanya sendiri, bisa kalian mulai dari cerita maupun pengalaman di sekitar kalian. Jadi berasa wartawan ataupun reporter kan?
Kalo live reportnya, bisa berupa video amatiran tentang report kalian mengenai kejadian. Misalnya nih, di kota kalian ada acara karnaval, nah kalian bisa tuh belajar melaporkan acara tersebut dengan epic nan sederhana. Mudah bukan?




Atau selanjutnya nanti kalian bisa mengembangkan cerita kalian mengenai tempat wisata di daerah kalian. Dan kalian bisa mempercantik postingan kalian dengan ditambah gallery photo. So, Lets Try!  

Komentar

Postingan Populer